image

Aku takut padamu, manusia.
Bukan, bukan takut akan kehendakmu
Hanya saja, aku takut
Menaruh percayaku padamu

Setelah berkali percaya
Mengapa akhirnya selalu sama?
Aku selalu kecewa, pada siapa saja
Pada semua janjimu, apa saja

Ataukah diri ini yang harus disalahkan?
Menggantung ekspektasi setinggi-tingginya
Sampai tak ada manusia yang bisa
Berhasil menggapainya

Baiklah, kalau begitu
Terima kasih, manusia.

Kali ini aku percaya
Bahwa ini pelajaran yang luar biasa
Untuk tidak mudah percaya, pada siapa saja
Pada semua janjimu, apa saja

Biarkan dinding ini meninggikan dirinya
Menjadi batas antara aku dengan mereka
Lalu menempatkan diriku, di sana
Sendirian, ketakutan, namun tak satupun layak dipercaya

Selain Dia, yang selalu ada
Selain Dia, yang dapat dipercaya
Dan selain Dia,
Yang hadir dan janjinya tak pernah sirna

